Selamat Datang di Website MAN Kluet Utara Aceh Selatan. VISI ---> BELAJAR KERAS, BEKERJA KERAS DAN BERAMAL DENGAN IKHLAS --- MISI ---> 1. Menyiapkan Lulusan yang mampu menguasai Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 2. Menyiapkan Lulusan yang mampu mandiri, berkarya sesuai dengan potensi dirinya, 3. Menyiapkan Lulusan Taat Beragama dan Berakhlakul karimah
Selasa, 24 Maret 2015

Madrasah Pada Orde Lama

Pada Tanggal 3 Januari 1946, pemerintah orde lama resmi membentuk Departemen Agama. Lembaga ini secara intensif memperjuangkan pendidikan islam di Indonesia. Usaha Departemen Agama dalam bidang pendidikan islam berorientasi pada pengajaran agama Islam di sekolah-sekolah disamping pada pengembangan madrasah itu sendiri.

Pada masa orde lama ini terjadi perkembangan madrasah yang cukup signifikan, yaitu didirikannya pendidikan guru agama dan pendidikan hakim islam negri. Dalam hal ini, madrasah dimaksudkan untuk mencetak tenaga-tenaga professional keagamaan, disamping mempersiapkan tenaga-tenaga yang siap mengembangkan madrasah.


Kemudian, ditetapkanlah MPRS no II/MPRS/1960 tentang “garis-garis besar pola pembangunan nasional semesta berencana, tahapan pertama tahun 1961-1969” pada 3 Desember 1960.Dalam ketetapan ini, pendidikan agama menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah mulai di sekolah rakyat sampai universitas-universitas negeri. Namun dalam hal ini murid-murid berhak tidak ikut serta, apabila wali murid atau murid dewasa menyatakan keberatannya. 

Meskipun demikian, ketetapan ini memberi perhatian terhadap madrasah sebagai pendidikan islam di Indonesia meskipun tidak terlalu berarti, dengan merekomondasikan agar madrasah hendaknya berdiri sendiri sebagai badan otonom dibawah pengawasan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (Ibid hal 130).

Sumber : Academia.edu

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 MAN All Right Reserved