Selamat Datang di Website MAN Kluet Utara Aceh Selatan. VISI ---> BELAJAR KERAS, BEKERJA KERAS DAN BERAMAL DENGAN IKHLAS --- MISI ---> 1. Menyiapkan Lulusan yang mampu menguasai Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 2. Menyiapkan Lulusan yang mampu mandiri, berkarya sesuai dengan potensi dirinya, 3. Menyiapkan Lulusan Taat Beragama dan Berakhlakul karimah
Selasa, 24 Maret 2015

Madrasah di Indonesia Saat Ini

Dalam lima tahun terakhir ini, madrasah di indonesia berkembang pesat khususnya dari segi kuantitas. Menurut Firdaus, Mantan Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag, hingga akhir tahun 2009, jumlah seluruh madrasah tingkat MI, MTS, dan MA di Indonesia mencapai sekitar 40.218 buah. Dari jumlah itu, 8,6 persen berstatus sebagai madrasah negeri. Sisanya 91,4 persen merupakan madrasah swasta yang dibiayai secara swadaya oleh masyarakat.( Republika : 2010 )

Lebih sedikitnya jumlah madrasah negeri dibandingkan sekolah negeri disebabkan keterbatasan alokasi anggaran. Madrasah negeri hanya mendapatkan alokasi anggaran pengembangan pendidikan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Agama. Sedangkan, sekolah negeri tidak hanya mendapatkan alokasi anggaran pendidikan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan Nasional, tapi juga pemerintah daerah. Hal itu sehingga pengembangan kuantitas dan kualitas madrasah negeri tidak secepat sekolah negeri.

Kendati demikian, pendidikan madrasah saat ini dapat dikatakan semakin menunjukkan eksistensinya di mata masyarakat.Prof. DR. H. Dedi Djubaedi, MA.g (Direktur Pendidikan Madrasah) Kementerian Agama RI mengungkapkan lima konsep pemikiran yang mendasar yang menentukan perkembangan madrasah di Indonesia.

Pertama, perluasan akses komunikasi dan informasi, tahun 2011 misalnya Direktorat Pendidikan Madrasah telah melengkapi lebih dari 2000 madarasah dengan peralatan canggih berupa IT untuk pembelajaran interaktif.

Kedua, pembangunan sistem terpadu, keterpaduan sistem yang dimaksud tentunya mencakup berbagai aspek pendidikan seperti yang tercakup dalam 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (SNP) yakni standar isi, proses, lulusan, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, manajemen, pembiayaan dan evaluasi.

Ketiga, peningkatan mutu berbasis sumberdaya manusia, ini artinya segala upaya yang ditujukan untuk pembangunan mutu madrasah hakikatnya sangat bergantung pada kualitas SDM di Madrasah seperti guru, siswa, kepala madrasah dan pengawas.

Keempat, penguatan ciri khas keagamaan, sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas Islam madrasah sesungguhnya memiliki keunggulan tersendiri, betapa tidak, madrasah yang menggunakan kurikulum 100% umum:100% agama dapat menjadi sebuah lembaga pendidikan yang ideal dan unggul jika dikelola dengan baik.


Kelima, penguatan status kelembagaan madrasah, salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah anggaran dan pencitraan madrasah adalah dengan cara mengalihstatuskan sejumlah madrasah swasta menjadi negeri.

Sumber : Academia.edu

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 MAN All Right Reserved